Proses Pencairan Anggaran Normal

PDFPrintE-mail

Pemerintah Provinsi Riau mengklaim proses pencairan keuangan berjalan normal. Meskipun terdapat beberapa program efisiensi dan rasionalisasi dalam penggunaan anggaran.


Informasi itu disampaikan Kepala Biro Keuangan Setdaprov Riau Jonli, Senin (14/7) di Pekanbaru. Bahkan, penggunaan anggaran daerah hingga pertengahan Juli terus memperlihatkan peningkatan.

‘’Tidak ada kendala berarti, prosesnya masih berjalan. Setiap usulan yang masuk kami proses, karena memang waktu yang diberikan ke kami hanya dua hari,’’ ulasnya.

Mengenai adanya keterlambatan dalam proses pencairan keuangan, ia menilai hal itu dikarenakan faktor teknis. Misalnya, masih ada beberapa poin administrasi yang belum dilengkapi, hal itu juga akan disampaikan ke SKPD terkait.

Sementara saat ditanyakan mengenai realisasi anggaran hingga pekan kedua Juli ini, Jonli mengatakan trendnya sudah merangkak naik. Ia mengambil indikator penggunaan anggaran yang telah mencapai Rp1,5 triliun.

Menurutnya, anggaran yang terpakai itu meliputi pengeluaran belanja langsung maupun tidak langsung. ‘’Kalau dana yang sudah kami keluarkan itu, sudah lebih Rp1,5 triliunan, kemarin dana BOS juga sudah kita cairkan,’’ kata mantan Birokrat Dispenda itu. Peningkatan angka realisasi itu tambahnya, dikarenakan beberapa kegiatan sudah mulai berjalan, seperti kegiatan SKPD di lingkungan Pemprov Riau.

Sementara ditanya berapa persennya, apakah masih di bawah 20 persen, Jonli mengatakan tidak mengetahui angka pasti. Dia mengklaim secara presentase sudah berada di atas 20 persen.
‘’Yang jelas pasti ada peningkatan dari hari-kehari,’’ terang Jonli.(rpo)