Gaji Guru Bantu Provinsi Sudah Ditransfer

PDFPrintE-mail

BPKAD.RIAU.GO.ID - Gaji Guru Bantu Provinsi (GBP) Riau yang tersebar di 12 kabupaten/kota dikirim untuk enam bulan gaji.
Peruntukannya bagi sejumlah 5.011 orang berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau 2016, dan proses pencairan dari Kas Daerah Provinsi ke Kas Daerah Kabupaten/Kota juga dilakukan sesuai mekanisme aturan. Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau Indrawati, transfer gaji guru bantu provinsi dilakukan sesuai dengan aturan. Dimana pihaknya baru memproses pencairan, ketika sudah dilakukan verifikasi data penerima dan laporan terdahulu dari Disdikbud Provinsi Riau. Setelah menerima laporan dari pemkab/pemko terkait.

“Kita selalu transfer untuk satu semester (enam bulan, red). Dengan catatan semua usulan pencairan sudah lengkap dari SKPD pengusul (Disdikbud, red) Riau,” kata Indrawati.

Dengan demikian, jika benar masih ada gaji guru bantu provinsi yang belum disalurkan. Seharusnya tidak terjadi, sebab, 9 kabupaten/kota hingga kini sudah ditransfer untuk enam bulan pembayaran. Memang diakuinya masih ada dua daerah lagi, Siak dan Meranti yang belum lengkap administrasi dan verifikasi data dari Disdikbud Riau sehingga terkendala.

Rokan Hulu yang terkendala usulannya menurut Indrawati karena terlambatnya pengesahan APBD Rohul.
Sementara itu Kepala Disdikbud Riau Dr Kamsol mengungkapkan, pihaknya terus menggesa proses pencairan pembayaran gaji guru bantu provinsi di Siak dan Meranti, sembari menunggu kelengkapan verifikasi data penerima.(*/i3)